Kata Inspisari Terindah

Orang Malas Tidak Akan Menangkap Buruannya, Tetapi Orang Rajin Akan Memperoleh Harta Yang Berharga (Amsal 12 : 27) By : Bona Sumbayak
ff

Sunday 8 March 2015

Manusia dan Harapan

Manusia dan Harapan

I.                   Pendahuluan
Dengan harapan kehidupan manusia lebih bermakna, harapan membuat manusia penuh dengan kemungkinan-kemungkinan yang membuat hari-harinya selalu mempunyai cerita tersendiri. Dan bisa kita bertanya apa sebenarnya manusia dan harapan yang ada dalam diri manusia itu, dan sajian ini kita akan membahas apa itu manusia dan harapan menurut Haricahyono.
II.                Pembahasan
Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki daya pikir / makhlukciptaan Tuhan yang memiliki budi pengerti yang dapat merasakan gejala gejala dalam    hidup nya, dan Harapan adalah bagian dari gejala-gejala yang di alami oleh manusia. jadi dapat kita defenisikan manusia dan harapan adalah kebutuhan atau keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup yaitu kebutuhan ekonomis, kebutuhan biologis, dan kebutuhan rohani.  hal ini yang di ilustrasikan haricahyono dalam ketiga kebutuhan ini .
Pada ilustrsi pertama hari menceritakan kejadian wanita-wanita yang berharap mendapat pekerjaan sebagai TKW (tenaga kerja wanita) ke Arab Saudi untuk dipekerjakan namun dalam hal ini harapan wanita-wanita ini semua hilang karena takkunjung di berangkatkan banyak dari mereka yang di kurung suatu ruangan atas dan dia berkata seperti burung dalam kurungan.
 Pada ilustrasi kedua hari menceritakan tentang kejadian seorang petinju legenda indonesi yang bernama Ellias Pical dia menceritakan  detik detik kemenangan KO dari lawan Ical  yaitu Ju Do Chun dimana pada malam pertandingan itu sekitar 12.000 penonton menyaksikan pertandingan tersebut dan Ical keluar sebagai pemenang juara Tinju dunia dengan spontan penonton mencoba memanjat ring dan segera dihambat oleh petugas dengan pentungan namun sebagian berhasil dan memikul sang juara baru dan semua bersorak dengan serempak tampa ada yang dikomandoi Elli….! Elli….! Elli…!
Pada peristwa kedua kejadian ini tokoh tokoh di dalamnya memiliki harapan yang berbeda-beda wanita – wanita itu berharap biasa bekerja pada waktu pertama masuk dan menunggu di berangkatkan berharap akan mendapat gaji / uang yang cukup unutk kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Pada waktu takkunjung harapan nya berbeda  yaitu dia berharap bisa keluar dan bebas dari tempat penampungan TKW.
Dan beda juga ketika harapan para penonton ketika Ical sebagai pemenang juara Tinju Dunia, penonton puas akan Harapannya Kepada orang yang dia Jagokan.

No comments:

Post a Comment